Sejarah Sistem Operasi Komputer


Seputar Sistem Operasi - Sejarah Sistem Operasi Komputer - Seperti yang kita ketahui pekrmbangan teknologi komputer sangat cepat terjadi di dunia ini terutama dalam bidang software. Kita tak pernah membayangkan bagaimana cara membuat Sistem Operasi ang sangat handal untuk mengelola sumber daya pada komputer. Namun itu semua kini telah terjadi tanpa harus tau bagaimana cara membuatnya, kita bisa langsung menggunakan Sistem Operasi itu sepuasnya. Namun pada artikel kali ini admin blog Seputar Sistem Operasi Akan membahas sejarah Sistem Operasi dari pertama dibuat hingga sekarang.
Sejarah Sistem Operasi dibagi menjadi empat(4) generasi, yaitu :
1. Sistem Operasi Generasi Pertama (Tahun 1945-1955)
Pada sistem operasi generasi pertama belum ada yang namanya sistem operasi komputer, penggunaannya hanya menggunakan intruksi-intruksi secara langsung.
2. Sistem Operasi Generasi Kedua (Tahun 1955-1965)
Sistem operasi generasi kedua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.
3. Sistem operasi generasi ketiga (Tahun 1965 - 1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program sekaligus).
4. Sistem operasi generasi keempat (Tahun 1980an-sekarang)
Sekarang ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Demikian artikel Sejarah Sistem Operasi Komputer yang sangat singkat tapi semoga sangat bermanfaat untuk anda, bila ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf karena admin bukan makhluk sempurna. terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar