Jenis - jenis Sistem Operasi

Seputar Sistem Operasi - Jenis - jenis Sistem Operasi - ada banyak sistem operasi yang ada di dunia ini, namun tekadang kita hanya mengenali satu dari sekian banyak sistem operasi yang ada di dunia ini.
tentu kalian pasti sudah pada hafal sistem operasi pabrikan windows, karena hampir di seluruh dunia menggunakan sistem operasi yang di buat oleh microsoft ini, selain ada microsoft ada juga pabrikan sistem operasi Linux yang namanya mulai dikenal karena sistem operasi ini menggunakan open BTS.
Berikut jenis jenis sistem operasi yang selengkapnya :
1. Dos (Disk Operating System)
Sistem operasi ini sudah lama di produksi yaitu tepatnya pada tahun 1980 yang digunakan di mikrokomputer IBM. Namun sekarang Sistem operasi ini biasanya sudah langsung tedapat di sistem operasi Windows. Sistem operasi ini sudsah banyak versinya diantaranya DOS 6.0 yang di produksi tahun 1993.
2. Windows
Windows adalah adalah bagian sistem operasi dengan tipe antar muka (interface) yang di buat oleh Microsoft Corforation.Windows ini di gunakan untuk membantu dan mendukung multiprocessoring dan multitasking sesuai dengan kemampuan komputer. Sebagai contoh kita bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Windows di perkenalkan untuk pertama kalinya pada publik pada tahun 1985, semulanya sistem operasi windows ini di perkenalkan dengan nama interface manager. Namun pada awal peluncurannya sistem operasi ini tidak banyak yang menggunakannya karena orang-orang berpendapat sistem operasi ini tifak telalu menarik. Namun setelah di perkenalkan windows 3.0 orang-orang langsung banyak yang menggunakan windows. Hingga saat ini penduduk di dunia masih banyak ya ng menggunakan windows.
3. Unix
Unix adalah sistem operasi yang dapat si gunakan di berbagai jenis komputer. Unix pertama kali diperkenalkan oleh AT dan T Bell yang di gunakan untuk komputer dalam bentuk jaringan khusus.
4. Apple Mac Os
AppleMac Os merupakan sistem operasi turunan dari Unix melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itu semua kekuatan yang di miliki oleh Unix terdapat pada AppleMac Os ini, seperti multi-user, multi-tasking, networking, dll. Mac Os merpakan sistem operasi yang berbasis GUI.
5. Linux
Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.
Masalah utama yang dihadapi Linux dahulu adalah interface yang berupa teks (text based interface). Ini membuat orang awam tidak tertarik menggunakan Linux karena harus dipelajari terlebih dahulu dengan seksama untuk dapat dimengerti cara penggunaannya (tidak user-friendly). Tetapikeadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanya
memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi dunia tentang Linux.



    

0 komentar:

Posting Komentar